Apa tu dyslexia??
- Murid-murid bisa mempunyai masalah dalam membaca kata-kata,mereka terkadang membaca dari kiri ke kanan, dan atau kesulitan memahami bacaaan
- Homonim dan kata-kata irregular sering menjadi permasalahan
- Murid dengan dyslexia mempunyai kesulitan mengidentifikasi bunyi-bunyi, mengetahui ada berapa bunyi, dan mengetahui urutan bunyi yang muncul dalam sebuah kata. Kekurangan ini bisa mempengaruhi kemampuan membaca, mengeja dan artikuasi kata-kata.
- Ketidakmampuan untuk membedakan antara bunyi-bunyi terutama bunyi huruf vokal bisa sangat mempengaruhi kemampuan berbahasa.
- Ketidakmatangan dalam kemampuan koordinasi mata dan tangan beserta permasalahan lainnya bisa menyebabkan murid kesulitan memegang pensil dan menggunakannya dengan cara yang nyaman buat dirinya.
- Ini bisa jadi merupakan area yang menakutkan dan membuat murid-murid dengandyslexia frustrasi. Masalah-masalah dalam menulis dengan tangan dan mengeja bisa menjadi hal yang tidak mudah untuk dilakukan, apalagi harus menulis dengan kaidah-kaidah penulisan formal.
- Tetap mengingat letak dari angka-angka saat proses penghitungan, merupakan hal yang sulit. Begitu juga yang berkaitan dengan hafalan, seperti menghafal perkalian.
- Visual-motor perception. Ini bisa mempengaruhi 2 area, yaitu yang pertama pusat dari bentuk yang dirotasikan yang menyebabkan tulisan yang terbalik-balik, dan yang kedua adalah kecepatan murid-murid dalam mengerjakan tugas-tugas yang berhubungan dengan koordinasi mata dan tangan.
- Masalah keseimbangan bisa menjadi concern perhatian dalam hal ini. Individu dyslexiatidak bisa menyadari posisi tubuhnya di dalam sebuah ruang, dan ini bisa menyebabkan masalah dimana orang tersebut tidak mengetahui arah, seperti kanan-kiri, dll.
No comments:
Post a Comment